Berbagi Apa Yang Telah Kita Dapatkan

Dapatkan bitcoin gratis

CoinBulb
CoinBulb

Friday, November 1, 2013

Buat Efek Tulisan Beku dengan Photoshop.

5:46 AM By

Buat Efek Tulisan Beku dengan Photoshop.



Yosh, kali ini membuat tulisan beku, saya pernah belajar buat tulisan ICE AGE, dan sekarang akan membagikan tutornya, dan seperti biasa saya menggunakan sesuatu yang berhubungan dengan foto, nama atau sesuatu yang berhubungan dengan saya agar para pembaca sekalian lebih percaya jika tutor ini bukan hasil copas atau nyolong dari alamat atau situs lain. kalok gitu kita langsung aja ke tkp sebelum para pembaca bosen denger curhatan saya.

1.       Langkah pertama kita buat layer baru CTRL+N, seperti biasa saya tidak pernah memberi patokan pada ukuran, supaya para pembaca bisa belajar menggunakan berbagai macam ukuran yang diinginkan. jadi dari tutor yang saya berikan, para pembaca dapat mengembangkan sendiri pengalaman yang didapat dari tutor ini, walaupun saya tetap mencantumkan ukuran yang saya pakai di setiap tutor, disini saya menggunakan ukuran 60x40 cm, agar bisa dijadikan wallpaper di desktop saya.



2.       selanjutnya, Aktifkan Gradien Tool, Pilih Radial Gradien , Lalu Atur Foreground Color Menjadi Biru muda diatas, dan biru tua dibawah, disini ukuran warna yang saya pakai adalah : Biru Muda : 00deff, Dan Biru tua : 0060ff, atau sesuaikan menurut selera anda. jika sudah, tarik mouse dari tengah kea rah kanan dengan menekan Shift.







3.       Setelah kita Dapat Backgoundnya, Kita Buat Teks yang ingin Kita Buat efek bekunya, untuk teks/font ICE AGE yang saya pelajari menggunakan jenis Font “Lithos Pro”, namun karna tidak semuanya punya font itu, untu memudahkan belajar saya menggunakan Font “Comic Sans Ms” saja. disini saya Buat nama panggilan saya yaitu “Arya Batoks”, (jangan Tanya alas an knapa dipanggil begitu), tapi Saya Akan Buat "Batoks"nya Terlebih Dahulu. untuk ukuran tulisan saya pakai 350pt.



4.       Dalam posisi layer teks masih aktif, kita klik Layer-Layer Style, dan mengatur beberapa Option Seperti dibawah ini.


Blending Option: ubah Fill Opacity di Advance Blending  Jadi 0.




Biru : 99efff

Biru : d3fbfe


5.       Sekarang Copy layer teksnya dengan cara tekan CTRL+J, kemudian pada layer copy klik kanan dan pilih Clear Layer Style. dan tulisan kembali putih.





6.       Kemudian kita Putar Gambar untuk memberikan Efek bekunya, pertama caranya Klik Image-Image Rotation 90°CW.




7.       Selanjutnya, pada posisi layer teks copy masih terpilih, klik Filter-Disort-Ripple (tekan Oke saja bila ada pertanyaan), lalu atur kira2 amountnya, dan untuk size saya pakai Large.

       



8.       Masih di layer yang sama, sekarang klik Filter-Stylize-Wind. saya mngatur ukuranya seperti dibawah ini.





9.       Selanjutnya, Klik Layer teks yang petama dibuat tadi, kemudian kita akan membuatnya menjadi seleksi dengan cara Klik Select-Load Selection. jika ada pertanyaan oke saja.





10.   Masih Dalam keadaan terseleksi, Klik Select – Modify – Feather, Saya Mengatur Father Radiusnya menjadi 20.





11.   Selanjutnya, masih pada Posisi seleksi aktif, klik layer teks copy, kemudian tekan Delete di keyboard. jika sudah Klik CTRL+D.




12.   Efek Beku Sudah Mulai Terlihat, tinggal sedikit lagi untuk menyelesaikan, Klik Layer – Disort – Ripple. Atur Sise Jadi Smile, dan tambahkan sedikit Amounya Dari yang pertama tadi, jangan terlalu banyak 1-5% saja.
   





13.   Selanjutnya Klik Style-Layer Style-Blending Option. Ubah Opacity di General Blending Jadi 75% atau sesauai selera anda.





14.   Hingga step 14 tadi, kita bisa mengembalikan posisi teksnya ke semula, Klik Image-Image Rotation- -90°CCW.




15.   Sekarang Kita buat bintik2 es di teksnya agar lebih kelihatan membeku, Klik layer Teks Copy 2, kemudian Klik CTRL+J.



16.   Pada Posisi Layer Teks Copy 3 Masih Aktif, Ubah Mode layernya menjadi Disolve, lalu atur opacity kira 25% atau sesuaikan dengan selera anda.



17.   Nah, Efek Teks Beku sudah jadi nih, sekarang tinggal nambahin nama depan saya, klik Type Teks Tool. Kemudian Saya Menuliskan “Arya” dengan ukuran 200 Pt.


18.   sampai step ini, anda bisa mengulangi pemberia efek dengan mengulangi step by step diatas, atau jika ingin member tulisan hingga Nampak seperti step 4. anda bisa meng Copy stlyle dari Layer teks pertama dengan cara Klik Kanan layer teks yang pertama kita buat, kemudian Pilih Copy Layer Style. Senjutnya klik kanan di layer teks yang baru dibuat dan pilih Paste Layer Style.



19.   Selesai, anda tinggal menyesuaikan tempat atau posisi dari setiap teksnya, bisa juga menambahkan teks yang lain dengan cara mengulangi setiap step atau hanya step 19.



Yosh, inilah sedikit pengetahuan yang bisa saya bagi, jangan terlalu berpatokan pada ukuran atau panduan yang ada agar apa yang anda dapatkan bisa anda kembangkan lebih jauh lagi. dalam belajar saya menerapkan pepatah Albert Einstein yaitu “Logika membawa kita dari A menuju B, Tapi imajinasi membawa kita dari A kemana2”. jadi saat saya belajar, saya akan menerima sebuah logika, kemudian kembangkan dengan imajinasi kita sendiri, lalu tuangkan imajinasi itu kedalam Logika kembali. semoga artikel ini bermanpaat yak….

4 comments:

  1. share yg lain ya terutama tentang anime n manga

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas, masih dalah tahap pemikiran cara jelasin kalok painmant dijadiin corel.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Blog ini dipersembahkan Oleh:

Blog ini dipersembahkan Oleh: