Berbagi Apa Yang Telah Kita Dapatkan

Dapatkan bitcoin gratis

CoinBulb
CoinBulb

Thursday, October 24, 2013

Membuat Wallpaper Sederhana dengan Photoshop.

11:16 AM By

Membuat Wallpaper Sederhana dengan Photoshop.

Halo teman teman bloger, ini adalah blog dan postingan pertama saya. saya pikir membagi ilmu yang kita miliki adalah hal yang baik. walaupun saya tau diluar sana ada banyak orang yang selalu melebihi kita, tapi yang namanya berbagi kan gak ada salahnya, sukur2 bermanfaat.
oke, kali ini saya akan membahas tentang pembuatan wallpaper sederhana. dari pada download di mbah google tapi sudah banyak yang punya, mending coba2 buat karya sendiri, oke kita mulai aja…

1.       Pertama buat new layer dengan ukuran yang kira2 sesuai dengan resolusi layar kom/laptop anda, usahakan ukuran lebih besar namun dengan perbandingan yang sama, disini saya menggunakan 60x40cm


2.       kemudian saya menyiapkan gambar tokoh favorit saya, usahakan bahan yang kita gunakan beresolusi cukup tinggi karna sebuah wallpaper biasanya berukuran cukup besar, resolusi yang memadahi digunakan agar gambar tidak pecah saat di gabung dengan background atau gambar lain.



3.       Karna bagian yang ingin saya gunakan hanyalah bagian inti (gambar ironman berwarna saja) makan saya menggunakan polygon lasso tool untuk menyeleksi gambar dan memindahkanya ke new layer yang saya buat dan mengatur posisinya sesuai keinginan saya…



4.       Selanjutnya saya merubah warna background menjadi hitam dengan paint bucket tool.



5.       Kemudian saya merubah warna tokoh menjadi hitam dan putih dengan cara klik Image-Adjusment-black and white. perlu diketahui, untuk pengaturan black and white saya tidak bisa member patokan karena setiap cahaya dari gambar itu berbeda2, jadi tergantung anda sebagai pengedit yang merasakan cocok atau tidaknya.


6.       karna gambarnya terkesan sedikit kaku, saya akan menambahkan cahaya dibagian mata dan dada agar sedikit lebih hidu, caranya gunakan polygon lasso tool untuk menyeleksi satu persatu bagian tersebut dan  ketika sudah, tekan Ctrl+J Untuk memisahkan gambar yang dipotong dari gambar aslinya, kemudian klik gambar mat adi layer untuk menyembunyikan gambar aslinya sementara (tidak juga tidak apa2).


7.       agar lebih cepat, ketiga bagian ini akan saya gabungkan menjadi satu dengan cara Ctrl+klik 3 layer bersangkutan dan tekan Ctrl+E.


8.       Selanjutnya adalah membuat seolah 3 bagian ini menjadi cahaya dari ironman, namun sebelumnya saya merubah sedikit warna 3 bagian ini menjadi sedikit biru agar wallpaper nanti sedikit berwarna, saya menggunakan color overlay dengan cara klik 2x disebelah kanan nama layer yang akan diubah warnanya. kemudian pilih color overlay dan sesuaikan warna dengan keinginan anda. jika sudah klik ok.


9.       Untuk member effect bercahaya, ada baiknya kita menampilkan gambar aslinya agar bisa mengukur kira2 sudah pas atau belumnya cahaya yang akan dihasilkan, untuk menampilkan gambar asli klik kembali gambar matanya. untuk memberi cahayanya saya memanfaatkan teknik blur, yaitu dengan cara Klik layer 3 bagian itu dan klik Filter-Blur-Gausian blur, lalu atur kembali angka2nya sesuai keinginan anda.

Catatan, jika Hasil Cahaya sudah bagus namun tidak terlalu kelihatan, anda bisa menebalkan cahaya dengan cara klik Ctrl+J dan otomatis layer dibagian cahaya akan bertambah.

Proses Pengeditan Selesai, Sampai Sini Gambar Sudah bisa bisa dijadikan wallpaper, namun terkadang orang lain tidak percaya dengan hasil karya dan jeripaya kita, karna itu biasanya saya memberikan nama saya di hasil karya saya. bagi yang ingin tahu caranya boleh ikut lanjut….

10.   Pertama kita buat tulisan dengan nama dan font yang kita inginkan dengan cara klik Type tool.


11.   Kemudian Copy Layer menjadi 2 lagi dengan menekan Ctrl+J.



12.   Klik teks dengan letak layer yang paling atas, kemudian klik Filter-Blur-Motio Blur, jika ada pertanyaan jawab saja dengan yes. sekarang atur Angle menjadi 0 dan Distance anda kira2 saja, sesuai kebutuhan.


13.   Setelah itu lakukan hal yang sama pada layer dibawahnya, namun pada Angle isikan dengan 90.


14.   Jika Sudah, gabungkan ketiga layer teks dengan cara Ctrl+klik 3 Layer type teks tersebut dan Klik Ctrl+E.


15 Sampai Disinipun Sudah Bisa jadi wallpaper, namun jika ingin member effect warna pada tulinsan, bisa dengan cara Klik Layer teksnya dan Klik Image-Adjusment-Chanel Mikser. Dan bila ingin menambah effect cahaya bisa dengan mengulangi langkah nomor 9.



Inilah Hasil Akhir dari usaha yang sya lakukan, mungkin tidak sebagus yang anda harapkan, namun saya hanya member teknik yang saya bisa, karna dalam sebuah editing foto atau semacamnya, intinya adalah mengerti teknik walau sedikit, sedangkan hasilnya itu tergantung dari imajinasi dan ketelitian kita sendiri.




0 comments:

Post a Comment

Blog ini dipersembahkan Oleh:

Blog ini dipersembahkan Oleh: