Berbagi Apa Yang Telah Kita Dapatkan

Dapatkan bitcoin gratis

CoinBulb
CoinBulb

Saturday, October 26, 2013

Membuat Animasi Gif Dengan Photoshop.

5:50 PM By

Membuat Animasi Gif Dengan Photoshop.


Selamat datang lagi di blog saya, kali ini saya akan membahas teknik untuk membuat gambar/foto menjadi bergerak (menganimasikan) menjadi format Gif.
Sebagai Dasar, saya akan memberikan contoh menggunakan gambar yang sederhana, atau mungkin lebih tepatnya gambar teks yang sebelumnya saya siapkan, dan dalam menganimasikan beberapa gambar, ada baiknya mengunakan gambar dengan ukuran yang sama agar proses penggabungan bisa lebih cepat dilakukan, berikut ini adalah gambar bahan2 yang sudah saya siapkan sebelumnya.








Yah, seperti biasanya saya sebisa mungkin menggunakan gambar, tulisan atau foto yang berhubungan dengan saya agar para pembaca sekalian lebih percaya jika artikel ini benar2 saya buat dan bukan hasil dari copas milik orang lain, tidak ada maksud sombong atau pamer disini, saya hanya ingin agar para pembaca lebih yakin jika tutor ini bekerja seperti yang kita inginkan asalkan mengikuti langkah demi langkah dengan benar, dan kalaupun terdapat kejanggalan dalam tutor ini, saya bisa bertanggung jawab penuh atas kesalahan yang saya lakukan. kalau begitu sekarang kita mulai tutornya ya…..

1.       Oke, Proses Pertama Adalah Yang Paling Sulit, Yaitu Buka Photoshop.hehehe..


2.       Selanjutnya Drag atau Open Gambar Pertama yang akan dibuat animasi gif, Dan diikuti gambar selanjutnya sebagai layer berikutnya.





3.       Dan Selanjutnya, kita Buka jendela Frame untuk membuat dan mengatur satu persatu waktu yang akan dipakai setiap Layer. Caranya Klik Window-Animation.





4.       Nah, jendela Framenya sudah terbuka, sekarang yang perlu kita Lakukan Adalah Menambah Framenya, Karna Total Gambar yang akan Saya Animasikan ada 7, maka saya akan membuat 7 Frame, namun Sebelum Itu, Sembunyikan dulu gambar dari layer Yang tidak digunakan di Frame Pertama dengan Cara Klik icon Mata Disebelah Kiri Nama layernya.


5.       Nah, menurut gambar diatas, secara tidak langsung kita sudah menyelesaikan Frame Pertama, Selanjutnya Kita Akan Membuat Layer ke 2-7, caranya Adalah Klik icon Duplicate Selected Layer yang ada Dibawah kanan Frame, disebelah icon tong sampah, (Lingkaran Merah).




6.       Jika Sudah, Maka Aktifkan Gambar Kedua Yang Akan Dijadikan Frame 2, Jika Gambar yang anda Animasikan Berbeda Dengan Type Text Milik Saya, misalnya Foto Yang Berubah Warna atau gambar yang berbeda ukuran, anda bisa menghilangkan icon mata di layer/frame Sebelumnya, Namun karna milik saya ukuran dan bentuknya sama, maka tidak masalah menghilangkan atau tidak icon mata pada layer /Frame sebelumnya.


7.       Nah, Sampai disini, gambar sudah mulai bisa bergerak ketika kita menekan spasi. yang harus dilakukan senjutnya adalah dengan cara mengulangi langkah ke-6 hingga Frame ke 7, namun hati2 saat melakukan penambahan frame, dan harus diingat urutanya, yaitu Klick Duplicate Selected Layer Dulu, Baru Kemudian Hidupkan Icon Mata Layer Selanjutnya.


8.       Wokeh, sampai disini Gambar Sudah Bergerak Dengan Sempurna, Anda bisa menekan spasi untuk melihat pergerakanya, namun kecepatan yang kita inginkan untuk sebuah pergerakan biasanya berbeda2, untuk itu kita juga harus menyesuaikan waktu/kecepatan dari frame agar pergerakan menjadi seperti yang kita inginkan, dan cara untuk mengatur waktu/speed/kecepatan adalah dengan cara Klik tanda panah bawah yang ada di bawah framenya, tepatnya disamping kanan tulisan 0sec. kemudian atur kecepatan sesuai yang anda inginkan. disini saya mengatur kecepatan semua framenya menjadi 0.2. jika sudah anda bisa tekan spasi untuk mengetes kecepatan geraknya.





9.       Nah, Sekarang Proses penganimasian sudah Selesai, selanjutnya Kita akan menyimpan Gambar bergerak diatas dengan Format .GIF, caranya Klik File-Save for Web & Device atau Alt+Ctrl+Shift+S. dan akan keluar jendela Save for Web & Device, biasanya saya hanya mengatur ukuran yang akan digunakan untuk animasi gif yang akan saya simpan, setelah itu Klik Save.


Nah, Selesai Sudah Animasi gif yang saya buat, kira2 hasilnya seperti ini.



Gimana, smoga kata2 yang saya gunakan mudah dimengerti walaupun saya kurang baik dalam berbahasa. semoga artikel ini bermanfaat ya, Jangan segan2 untuk mengkritik tutor saya, saya juga masih belajar, akan lebih baik jika saya mendapat saran atau kritikan membangun dari kalian semua....




1 comments:

  1. Membuat Animasi Gif Dengan Photoshop. ~ Arya Batoks >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Membuat Animasi Gif Dengan Photoshop. ~ Arya Batoks >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Membuat Animasi Gif Dengan Photoshop. ~ Arya Batoks >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Blog ini dipersembahkan Oleh:

Blog ini dipersembahkan Oleh: